Your Ad Here

Sunday, November 2, 2008

Chicken Nugget
Nuget adalah suatu bentuk produk olahan daging yang terbuat dari daging giling yang dicetak dalam bentuk potongan empat persegi (atau bentuk lainnya) dan dilapisi dengan tepung bumbu (bettered dan breaded). Nuget dikonsumsi setelah proses penggorengan (deep fat friying).

Produk nuget dapat dibuat dari daging sapi, ayam, ikan dan lain-lain. Tetapi yang paling populer dimasyarakat adalah nuget ayam. Bahan baku daging untuk nuget bisa menggunakan daging dari karkas yang bernilai ekonomis rendah (karena cacat, bukan karena telah rusak atau busuk) jika dijual dalam bentuk utuh.

Bahan.
Daging ayam tanpa tulang, garam, SodiumTriPolyPhosphat (STTP), terigu, maizena, CMC dan tepung instan (modified starch atau tepung roti)

Cara Pembuatan
Daging ayam dibekukan (2oC) minimal semalam kemudian digiling sebanyak 1 kg, es batu 70 gr, garam 20 gr, STTP 3gr, maizena 15 gr dan bumbu nuget secukupnya. Bahan-bahan ini diaduk hingga merata. Adonan yang sudah tercampur merata, dibentuk sesuai dengan selera (jangan terlalu tebal, +/- 1,5 cm). Kemudian dibekukan dalam freezer.
Siapkan bahan lapisan kulit yang terdiri dari terigu 150 gr, maizena 150 gr, CMC 1,5 gr dan tambahkan 700 ml air.

Nuget beku dicelupkan dalam adonan kulit kemudian diguling-gulingkan dalam tepung roti. Langkah terakhir adalah menggoreng nuget.

No comments: